Hormatilah Bapak Dan Ibu Kita

Minggu, 23 September 2012

0 comments

Disebuah kota ada seorang bernama Dama Bin Nesena dikenal mempunyai batu permata yang indah dan sangat mahal harganya, suatu hari Dama didatangi oleh beberapa utusan yang mempunyai kedudukan yang mulia dikota itu.

Dama sangat terkejut dengan kedatangan beberapa utusan tersebut yang mendadak yang berniat menemuinya karena tanpa persiapan apapun untuk menjamunya, dama mempersilakan para tamunya duduk diruang tamunya. mereka akhirnya mengutarakan niatnya untuk membeli batu permatanya seharga 1.000 kali harga tiap gram emas, Dama pun tanpa menolak setuju dengan harga tersebut.

Dama menuju kamar tengah berniat mengambil batu permata tersebut dilaci lemari, tetapi dia tidak bisa membukanya karena kunci yang disimpannya berada dibawah bantal sofa yang pada saat itu sedang ditiduri bapaknya, Dama tidak ingin mengganggu sedikitpun tidur sang bapaknya yang sangat lelap sekali.

Dama kembali keruang tamunya menemui para utusan tersebut, dama mengatakan kepada para tamunya kemungkinan ia tidak bisa memberikan batu permata tersebut tanpa mengutarakan alasanya. para utusan pun tidak ingin mengecewakan orang yang dimuliakan tersebut yang telah mengutusnya, setelah berunding cukup lama diantara para utusan tersebut akhirnya mereka menaikkan harga menjadi 10.000 kali harga tiap gram emas.

Untuk kedua kalinya Dama kembali keruang tengah untuk mengambil batu permatanya. pada waktu dama kembali ke ruang tengah, bapaknya sudah bangun sehingga dia bisa mengambil kunci untuk membuka batu permatanya dari laci dilemarinya.

Lalu diberikannya batu permata tersebut pada tamunya dan ia menerima uang 10.000, tetapi Dama mengembalikannya lagi pada tamunya sebanyak 9.000. dama mengatakan ia sdh sepakat dengan mereka kalau harganya batu permatanya hanya 1.000 bukan 10.000, dan ia mengatakan pada tamunya juga, ia tidak akan menukar tidur bapaknya dengan uang 9.000, itulah yang membikin para tamunya tertegun pada Dama.

Setelah beberapa tahun berlalu kemudian Dama yang mempunyai lembu, lembunya beranak, yang memiliki ciri khusus seluruh tubuh anak lembu tersebut bulunya mempunyai warna kemerahan, anak lembu yang jarang sekali dimiliki oleh tiap orang, anak lembu yang mempunyai nilai khusus. berita tentang anak lembu yang dimiliki dama pun tersebar diseluruh kota, kemudian ada beberapa utusan datang lagi menemui Dama dan berniat membeli anak lembunya seharga 10.000.

0 comments:

Posting Komentar

Translator

Visitor